Apa benar Olahraga Jalan Kaki dapat mencegah berbagai Penyakit?

Apa benar Olahraga Jalan Kaki dapat mencegah berbagai Penyakit?

Tahu gak? sebenarnya jalan kaki di waktu pagi itu amat sangat bermanfaat loh. Walau terbilang olahraga yang paling simple dan murah, tapi jangan kamu remehkan olahraga yang satu ini.

Berjalan kaki di pagi hari dapat membuat tubuh kita menjadi segar, ditambah udara pagi yang masih bersih dan sejuk.

Baiklah, lebih lanjut saya akan memberikan 8 manfaat yang akan kamu dapatkan jika kamu secara rutin olahraga jalan kaki di waktu pagi hari.

1. Menurunkan berat badan.

Ya benar, olahraga satu ini bermanfaat sekali untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Kok bisa? kenapa seperti itu? karena olahraga Jalan Kaki dapat membakar kalori dalam tubuh. Sehingga kalori maupun lemak dalam tubuh dapat cepat hilang dan berubah bentuk cairan keringat. Disamping itu juga, badan kamu akan terasa segar bugar.

2. Mencegah osteoporosis.

Osteoporosis adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang sanggup hasilnya menimbulkan kerapuhan tulang. Melakukan rutinitas olahraga jalan kaki di pagi hari, akan dapat mengurangi dampak penyakit osteoporosis.

Untuk menjaga tulang tidak cukup hanya mengkonsumsi kalsium dan vitamin D saja. Tetapi gerakan tubuh secara menyeluruh menyerupai jalan kaki setidaknya 10.000 langkah setiap hari mampu mencegah terjadi keropos tulang. Ditambah lagi tulang akan semakin kuat jika terkena panas matahari selama 15 menit di pagi hari.

3. Mencegah serangan jantung.

Dengan olahraga jalan kaki, maka otomatis aliran darah dalam tubuh akan berjalan lancar. Jantung akan memompa lebih cepat jika kamu berjalan sedikit cepat pula. Dengan begitu, suplai oksigen melalui aliran darah dalam tubuh dapat terpenuhi setiap saat. Akhirnya, serangan jantung dapat dicegah sedini mungkin melalui olahraga yang terbilang sederhana ini.

4. Turunkan kolesterol.

Berjalan kaki secara cepat akan menciptakan tekanan darah kamu menjadi rendah dan mengurangi pelengketan antarsel darah. Karena apa? karena jika terjadi pelengketan maka dapat mengakibatkan gumpalan bekuan darah yang menyumbat pembuluh darah. Maka dari itu berjalan kaki juga bisa menurunkan kolesterol. Alasannya adalah ketika tubuh bergerak, maka kolesterol baik (HDL) yang bekerja sebagai spons penyerap kolesterol jahat (LDL) akan meningkat.

5. Mencegah Diabetes ( Kencing Manis).

Kencing manis (diabetes) tipe 2 biasanya diderita oleh orang yang memiliki bobot berat badan berlebih. Untuk menjaga supaya kadar gula dalam tubuh tetap stabil, maka dapat melakukan jalan kaki setiap pagi dan sore secara rutin. Menggerakkan tubuh secara rutin terbukti dapat menjaga kadar gula dalam tubuh sehingga tidak perlu minum obat diabetes lagi. Berjalan kaki yang dinyatakan bisa mencegah diabetes yaitu dengan kecepatan 6 km/jam dan dilakukan selama kurang lebih 50 menit. (Ini adalah hasil studi National Institute of Diabetes and Gigesive & Kidney Diseases).
6. Mencegah stroke.

Tahukah kamu, orang-orang jaman dahulu jarang yang terkena stroke. Karena apa? karena mereka kebanyakan menggunakan kakinya untuk bepergian. Beda dengan manusia di abad modern ini, serba menggunakan kendaraan. Sehingga gampang sekali kita terkena penyakit stroke, disebabkan kita lebih banyak duduk daripada bergerak. Studi terbaru telah menyatakan bahwa berjalan kaki 20 jam dalam seminggu dapat menurunkan risiko serangan stroke sebanyak 2/3.

7. Tubuh kebal.

Berjalan kaki 3 kali dalam seminggu dapat meningkatkan kebugaran serta menjaga sistem pernapasan secara signifikan. Dengan kondisi tubuh yang fit atau bugar maka akan berbanding lurus dengan meningkatnya kekebalan tubuh.

8. Hilangkan depresi.

Selama melakukan olahraga jalan kaki, otak akan merangsang untuk mengeluarkan hormon bernama Endorfin. Hormon endorfin yaitu senyawa kimia yang menciptakan seseorang merasa senang maupun bahagia. Endorfin diproduksi oleh kelenjar pituitary yang terletak di cuilan bawah otak manusia.

Hormon ini  menyerupai morphine (obat terlarang), bahkan dikatakan 200 kali lebih besar dari morphine. Endorfin atau Endorphine bisa menimbulkan perasaan bahagia dan nyaman sehingga mampu menciptakan seseorang berenergi.


Demikian penjelasan mengenai beberapa manfaat dari olahraga Jalan Kaki di pagi hari. Disamping menyehatkan badan, kamu pun dapat menyegarkan pandangan mata. Karena biasanya, banyak yang bening-bening berkeliaran di jalanan di pagi hari terlebih di hari minggu pagi, hehe.

kw : joging, lari pagi, jalan sehat

0 Response to "Apa benar Olahraga Jalan Kaki dapat mencegah berbagai Penyakit?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel