Cara Atasi Memori Internal HP Android Yang Penuh

Cara Atasi Memori Internal HP Android Yang Penuh

Penyimpanan internal ponsel atau hp android merupakan ruangan penyimpanan utama yang bisa dikatakan memiliki peranan yang penting bagi kinerja smartphone tersebut.

Karena memang pada dasarnya memori internal ini merupakan media penyimpanan sistem android dan data dari setiap aplikasi yang terinstall.

Jadi jika ruang penyimpanan internal ini penuh maka bisa mempengaruhi kinerja smartphone android anda, seperti bisa mengakibatkan lag, hang, error, ataupun force close.

Namun dijaman seperti sekarang ini rasanya tidak mungkin kita bisa selalu memastikan ruang penyimpanan internal dalam keadaan stabil, dalam artian tidak penuh.

Sebab ada kalanya kita ingin mendownload dan menginstall file-file seperti App, Game, Musik, Video, Foto atau sebagainya.

Mungkin dari semua jenis file diatas, yang sering sekali memenuhi ruang penyimpanan adalah Game dan Aplikasi.

Ya, kedua jenis file ini bisa dikatakan selalu menjadi pilihan bagi mereka pengguna smartphone android, terutama para Gamers yang suka mengkoleksi banyak game secara bersamaan.

Namun tahukah anda ketika semakin banyak aplikasi dan game yang anda install di HP android maka itu akan mengakibatkan ruang penyimpanan anda cepat penuh, terutama ruang penyimpanan internal yang memang merupakan tempat untuk menyimpan data dari aplikasi/game yang terinstall di HP android.

Oleh sebab itu, banyak dari para pengguna smartphone android yang mengeluh mengenai kapasitas memori internal yang cepat sekali penuh.

Melihat kondisi itu, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan 3 tips sederhana untuk mengatasi masalah memori internal HP android yang penuh. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya:


1. Pindahkan Data Memori Internal Ke Memori Eksternal

Cara pertama yang paling mudah dilakukan apabila memori internal smartphone android anda penuh adalah dengan memindahkan semua file atau data yang ada di memori internal ke memori eksternal.

Cara ini memang terdengar cukup mudah untuk dilakukan, namun nyatanya tidak semudah yang kita bayangkan. Didalam memori internal tersebut pastinya terdapat banyak file dan data dengan jumlah yang sangat banyak.

Oleh sebab itu anda tidak bisa memindahkannya dengan cara manual, seperti melakukan copy paste antar memori.

Hal seperti itu pastinya akan memakan waktu yang sangat lama. Oleh sebab itu kita memerlukan bantuan dari aplikasi pihak ketiga yang bernama Link2SD.

Link2SD ini merupakan salah satu aplikasi android terbaik yang bisa membantu anda dalam memindahkan data atau file di memori internal ke memori eksternal dengan otomatis.

Nah untuk cara penggunaan aplikasi Link2SD ini bisa anda lihat dibawah ini:

  1. Download dan install aplikasi Link2SD melalui link berikut
  2. Buka aplikasi tersebut dan pilih "ext4" kemudian "reboot"
  3. Anda akan diarahkan ke menu setting Link2SD. pilih saja "checklis serta automatically link newly"
  4. Lalu pilih juga "autolink setting" dan silahkan centang semua list yang ada
  5. Maka secara otomatis semua file termasuk aplikasi yang ada di memori internal akan dipindahkan ke memori eksternal



2. Bersihkan File Sampah & Data Log Yang Tidak Berguna

Membersihkan data-data sampah yang sudah tidak berguna lagi merupakan langkah yang tepat untuk mengatasi memori internal yang penuh.

Sebab file sampah ini tanpa anda sadari juga ikut memakan ruang penyimpanan yang ada.

Lalu bagaimana cara untuk membersihkan file sampah ini? untuk membersihkan file sampah ini sebenarnya ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu secara manual dan secara otomatis.

Bagi anda yang tidak mau repot silahkan gunakan saja langkah otomatis agar mempercepat proses pembersihan file sampah ini.

Sama seperti cara sebelumnya, untuk bisa menghapus file sampah ini secara otomatis kita memerlukan aplikasi pihak ketiga.

Disini saya akan menggunakan salah satu aplikasi terbaik yang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya dalam membersihkan file sampah.

Aplikasi ini bernama Clean Master, untuk cara penggunaan aplikasinya silahkan anda ikuti caranya dibawah ini:

  1. Download dan install aplikasi Clean Master, melalui link berikut
  2. Buka aplikasinya dan silahkan anda bersihkan semua file sampah yang membuat memori internal anda penuh
  3. Anda juga dapat menghapus cache yang sudah tidak berguna



3. Upload File & Data Anda Ke Google Drive

Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah memori internal yang penuh adalah dengan mengupload file yang ada ke layanan penyimpanan online seperti Google Drive.

Cara ini bisa dibilang cukup efektif dalam mengosongkan ruang penyimpanan memori internal di HP android anda tanpa takut data-data penting anda hilang.

Sebab anda hanya perlu mengupload semua file yang ada ke Google Drive ini. Setelah anda berhasil mengupload semua file yang ada di memori internal, maka saatnya anda menghapus file-file yang ada di memori anda tersebut.

Nah untuk cara upload file ke Google Drive bisa anda lihat melalui langkah berikut ini:

  1. Download dan install aplikasi Google Drive, anda bisa mendapatkannya di Google Play Store atau melalui link berikut
  2. Kemudian buka aplikasi Google Drive tersebut
  3. Saat pertama kali masuk, mungkin anda akan ditampilkan beberapa halaman prolog, silahkan pilih saja "Skip"
  4. Jika anda sudah berada di tampilan utama Google Drive silahkan sentuh tombol ikon plus/tambah bulat yang biasanya berada di pojok kanan bawah
  5. Kemudian akan tampil beberapa opsi diantaranya: Folder, Upload, Scan, Google Doc, Google Sheet, Google Slide
  6. Silahkan pilih "Upload"
  7. Kemudian silahkan saja pilih file-file atau data yang ingin anda Upload (Gambar, Foto, Video, App, Musik, dan sebagainya)
  8. Selesai



Penutup

Itu dia beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi kapasitas memori internal HP android yang penuh.

Silahkan anda tentukan sendiri cara mana yang menurut anda paling efektif untuk mengatasi memori internal yang penuh.

Dengan cara diatas maka ruang penyimpanan memori internal hp android anda akan berkurang dan tentunya dengan semakin longgarnya kapasitas penyimpanan internal ini maka semakin cepat dan stabil pula kinerja smartphone yang anda gunakan.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. Dan jangan lupa untuk terus mengikuti update terbaru dari blog ini ya. Terimakasih.

0 Response to "Cara Atasi Memori Internal HP Android Yang Penuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel