Cara Membuat RAM Tambahan Menggunakan Flashdisk

Cara Membuat RAM Tambahan Menggunakan Flashdisk

RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu bagian pada komputer yang bisa dikatakan memiliki peranan yang sangat penting bagi kelancaran kinerja suatu komputer atau PC.

RAM ini bertugas sebagai media penyimpanan sementara dari data yang dikelola oleh komputer. Jadi kinerja komputer akan berjalan dengan baik.

Semakin besar ukuran atau kapasitas yang dimiliki oleh RAM maka semakin baik dan cepat pula kemampuan pengolahan dan penyimpanan data yang bisa dilakukan.

RAM juga berperan penting dalam menentukan kinerja suatu komputer, suatu misal komputer anda mengalami masalah seperti lag, hang ataupun force close, itu juga dipengaruhi oleh komponen yang bernama RAM ini.

Oleh sebab peranan RAM yang penting ini, maka banyak orang yang beropini atau berspekulasi bahwa semakin besar kapasitas RAM maka semakin baik kinerja komputer tersebut.

Dan benar saja, opini mengenai hal tersebut memanglah benar.

Maka banyak dari para pengguna komputer atau PC berlomba-lomba untuk membeli dan menambahkan RAM pada komputer atau PC yang mereka miliki.

Namun sayang, untuk dapat menambah kapasitas RAM bukanlah perkara yang mudah, mereka harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit hanya untuk menambah kapasitas RAM yang mereka miliki.

Nah lalu bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki dana memadai untuk membeli RAM ini.

Tenang saja, karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan anda 2 cara mudah untuk dapat mengubah Flashdisk menjadi RAM eksternal pada PC atau Laptop anda.

Ingin tahu cara lengkapnya? simak ulasannya dibawah ini:


Syarat Untuk Mengubah Flashdisk Menjadi RAM


  • Flashdisk yang akan digunakan dalam keadaan normal
  • Kapasitas Flashdisk yang digunakan minimal 4 GB
  • Format Flashdisk yang disarankan yaitu: NTFS, FAT16, ataupun FAT32


Cara Mengubah Flashdisk Menjadi RAM PC Atau Laptop


  1. Siapkan Flashdisk sesuai syarat diatas, kemudian masukan pada port USB di PC atau Laptop anda
  2. Masuk ke My Computer atau Windows Explorer, kemudian klik kanan pada Flashdisk yang sudah terpasang
  3. Pilih pada "Properties" dan pilih pada bagian menu "ReadyBoost"
  4. Lalu pilih pada "use this device" dan silahkan anda tentukan ukuran kapasitas Flashdisk yang akan anda jadikan RAM tersebut (Max.4000MB)
  5. Terakhir klik "Apply" dan "OK"

Selain dengan cara manual diatas, mengubah Flashdisk menjadi RAM juga bisa dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang bernama "Eboostr".

Untuk langkah-langkah penggunaan aplikasi tersebut bisa anda lihat di bawah ini:


Cara Mengubah Flashdisk Menjadi RAM Dengan Aplikasi


  1. Untuk dapat menggunakan aplikasi Eboostr ini tentunya anda harus memiliki aplikasi tersebut terlebih dahulu, silahkan anda download dan install software aplikasi tersebut melalui link berikut
  2. Jika proses installasi telah selesai, maka anda tinggal membuka aplikasi Eboostr tersebut
  3. Namun pastikan pula bahwa anda telah memasang Flashdisk pada port USB di PC anda.
  4. Nah untuk dapat mengubah Flashdisk ini menjadi RAM caranya sangat mudah, anda hanya perlu mengikuti setiap instruksi yang ada pada aplikasi Eboostr tersebut


Penutup

Demikian cara mudah mengubah Flashdisk menjadi RAM pada PC dan Laptop. Walaupun perangkat eksternal seperti Flashdisk ini bisa diubah menjadi RAM, namun RAM yang digunakan bukanlah RAM utama, melainkan RAM eksternal.

Ya walaupun hanya RAM eksternal, namun untuk masalah kinerja juga bisa dikatakan lumayan stabil, dan bisa membantu kinerja RAM utama untuk mengolah pekerjaan.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf. Dan jangan lupa untuk terus mengikuti update terbaru dari blog ini ya.

0 Response to "Cara Membuat RAM Tambahan Menggunakan Flashdisk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel