Lebih Bagus Mana Download File Dengan IDM Atau Torrent?

Lebih Bagus Mana Download File Dengan IDM Atau Torrent?

Untuk anda penggila download mungkin sudah tidak asing lagi dengan dua software download terbaik yang bernama IDM dan Torrent bukan? 

Yap, kedua software ini merupakan yang terbaik dan terpopuler yang paling banyak digunakan oleh jutaan orang diseluruh dunia.

Kemampuan kedua software ini tidak perlu anda ragukan lagi, sebab IDM dan Torrent ini memang diklaim memiliki kemampuan download paling maksimal, paling optimal dan paling aman.

Walaupun IDM dan Torrent ini memiliki kualitas download yang mumpuni, namun tentunya keduanya punya kemampuan yang berbeda-beda.

Antara software IDM dan Torrent ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, lalu software download manakah yang memiliki kemampuan download paling bagus?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut tentunya kita harus membandingkan kelebihan dan kekurangan dari kedua software tersebut terlebih dahulu.

Nah untuk anda yang sudah tidak sabar ingin mengetahui jawaban dari pertanyaan diatas, silahkan simak penjelasannya dibawah ini:


IDM (Internet Download Manager)

Internet Download Manager atau yang biasa kita kenal sebagai IDM ini merupakan salah satu software pengunduh terbaik yang paling banyak digunakan saat ini. 

IDM ini bisa dikatakan merupakan software andalan ketika ingin mendownload file dalam waktu yang singkat.

Software pengunduh data ini juga memiliki kemampuan resume pada file yang didownload. 

Jadi apabila anda ingin menghentikan proses download dan ingin melanjutkannya di hari berikutnya, maka anda bisa melakukan pause pada file yang didownload dan pada hari berikutnya anda bisa melanjutkannya dengan menekan tombol resume.

Kemampuan download IDM ini sudah tidak perlu diragukan lagi, sebab software satu ini memang terkenal dengan kemampuan downloadnya yang cepat dan maksimal. 

Hal ini karena dalam proses downloadnya IDM akan mengambil semua paket data yang ada untuk difokuskan pada proses download yang sedang dilakukan.

Namun sayang disisi lain hal ini malah dapat mengakibatkan kegiatan browsing menjadi lambat, sebab semua data yang ada telah difokuskan untuk proses downloading.


Torrent

Torrent juga merupakan salah satu software pengunduh file terbaik yang hampir setara dengan IDM, namun yang membedakan Torrent dengan IDM adalah kecepatan downloadnya. 

Jika IDM bisa mendowload file dalam jangka waktu yang singkat, maka Torrent ini sebaliknya.

Torrent ini dikenal sebagai mesin unduh yang lambat, namun walaupun begitu Torrent memiliki kelebihan yaitu proses download yang dilakukan bisa dipastikan akan berhasil. 

Itu artinya software Torrent ini memiliki pedoman "biar lambat asal selamat" ya.

Software yang satu ini juga dikenal sebagai mesin unduh yang handal dalam melakukan resume dan pause tanpa adanya masalah yang berarti.

Dan bisa dipastikan pula 99% file yang diunduh melalui Torrent ini bisa diresume semua lho.

Kelebihan lain dari Torrent adalah tidak akan mengganggu aktivitas browsing yang sedang anda lakukan, sebab Torrent ini hanya menggunakan sebagian paket data saja untuk menjalankan proses download.

Jadi anda tidak perlu khawatir jika ingin melakukan download dan browsing secara bersamaan.


Kesimpulan

Dari pembahasan diatas tentunya kita dapat menarik beberapa kesimpulan yang bisa kita jadikan acuan mengenai software download manakah yang memiliki kemampuan paling bagus dan optimal? 

Berikut adalah perbandingannya:

IDM

  • Proses download yang relatif lebih cepat
  • Memiliki fitur pause dan resume yang baik
  • Kemampuan download yang optimal karena semua data yang ada akan dipergunakan dalam melakukan proses download
  • Aktivitas browsing anda akan terganggu, sebab IDM menggunakan semua data untuk mengoptimalkan proses download
  • Kemungkinan proses download yang gagal lebih besar


Torrent

  • Kemungkinan proses download yang berhasil lebih besar
  • Hampir semua file yang didownload melalui Torrent mendukung pause dan resume
  • Tidak mengganggu aktivitas browsing anda
  • Proses download lebih lambat dan lama
  • Kemungkinan file terinfeksi virus lebih besar

Jika kita ingin membandingkan software download manakah diantara IDM dan Torrent ini yang memiliki kualitas paling bagus? maka itu semua tergantung kebutuhan download anda sendiri.

Karena IDM sendiri punya kelemahan yaitu memiliki resiko gagal download yang lebih besar, maka IDM lebih cocok digunakan untuk mendownload file dengan ukuran antara 1 MB - 500 MB

Sedangkan karena Torrent itu memiliki kemampuan download yang lambat namun pasti, maka Torrent lebih cocok digunakan untuk mendownload file dengan ukuran antara 500 MB - 10 GB++


Penutup

Nah bagaimana sobat mengenai perbandingan IDM dan Torrent diatas? apakah anda setuju dengan penjelasan yang telah saya sampaikan? silahkan sampaikan pendapat anda dikolom komentar ya.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan mengenai perbandingan IDM dan Torrent ini, semoga apa yang saya sampaikan diatas bisa memberikan wawasan kepada anda mengenai kelebihan serta kekurangan software download yang bernama IDM dan Torrent ini.

Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa di postingan menarik selanjutnya ya.

0 Response to "Lebih Bagus Mana Download File Dengan IDM Atau Torrent?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel